Kamis, 10 Maret 2011

Perawatan Gigi di Klinik FKG UI

Salam Maret!

Sudah hampir sebulan gw bekerja err belajar di klinik Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG UI. Apa aja yang udah gw kerjakan? Hmm kebanyakan skeling sih (bersihin karang gigi), udah menambal gigi bolong tapi belom nyabut nih. hoho. Seru juga ternyata praktek langsung begini, yang bikin males adalah tekanan untuk memenuhi requirement (nyabut 15 gigi, skeling 15 kali, pasang gigi kawat lepas, gigi palsu, dsb dll) dan juga nyari dosen untuk acc, fuuu..

Teman2 yang sedang membaca tulisan ini, kalau ada keluhan gigi atau ingin berkonsultasi, yuk langsung dateng ke Jl. Salemba Raya No.4
berikut ini saya kasih petunjuknya supaya nggak nyasar :D

Sampe di jalan raya salembaa yang ada shelter busway salemba UI, mari tengok tempat parkiran yang dipadati mobil2, yup! itu adalah kampus UI Salemba!

Cari gedung yang ada tulisan Rumah Sakit Gigi dan Mulut *bisa tanya ke satpam mungkin* tapi ini letaknya di depan kok, bisa ditengok penampakannya seperti pada foto di bawah ini :)

*masuk dari pintu hitam itu, daftar jadi pasien baru*

tulis data pribadi anda dengan lengkap
dan bayar 10ribu sbg biaya daftar
nanti anda akan dibuatkan kartu,
jangan lupa dibawa kartunya kalau datang ke sini lagi :D

Masih di tempat daftar tadi, tunggu nama anda dipanggil
dokter di klinik distribusi akan memeriksa anda secara keseluruhan
ada kasus apa aja di mulut anda, dan nanti akan dirujuk
kemana anda akan melangkah selanjutnya

Kalau udah diperiksa di distribusi, mari ikuti mbak2 baju biru ini
kita jalan menuju pintu di depan! hoho
Mari kita menuju klinik Integrasi 1 (tempat saya praktek)

hmm abaikan mbak2 ini, anda lihat pintu yang bercahaya di belakang sana?
mari keluar lewat pintu itu!

anda akan melihat pemandangan seperti ini, abaikan pintu masuk di sebelah kiri itu
itu adalah pintu masuk ke paviliun khusus, tempat praktek dokter spesialis
kalo ke klinik integrasi 1 kita ikuti jalan ke pohon yang menyelip di antara mobil2 di sana

Yoww, sebentar lagi kita sampai tujuan
lihat tulisan A itu? Silahkan masuk ke pintu lobby gedung A tersebut

yeah, klinik RSGM FKG UI sudah diberi klasifikasi kelas A

ikuti koridor panjang ini sampai mentok!

TADAAAA~ selamat datang di klinik integrasi 1 *dance*
silahkan duduk di ruang tunggu,
tunggu sampai nama anda dipanggil mbak resepsionis *skaligus kasir*

inilah dia suasana dalam klinik
di sini tersedia 20 dental unit

Beginilah performa salah satu mahasiswi fkg ui saat memeriksa pasien
setiap pasien baru harus diperiksa gigi secara menyeluruh jadi biasanya agak lama
pada kedatangan pertama biasanya akan dibersihkan karang gigi
baru setelah itu ke perawatan keluhan utama :D

setelah dilakukan perawatan, silahkan bayar di resepsionis di ruang tunggu tadi
Mbak Dian akan melayani anda :)

Bagaimanaaa? Gampang kan cara ke Salemba?
Yuk tunggu apalagi, mari periksa sekarang! Jangan ditunda :)
Klinik RSGM FKG UI buka dari Senin sampai Jumat pukul 08.00 - 14.00
kalo pendaftaran cuma dari jam 08.00 - 11.00

Apa aja sih yang bisa dilakukan kami-kami ini mahasiswa S1?
biasanya sih banyak yang datang untuk membersihkan karang gigi, tambal gigi bolong, cabut, bikin gigi palsu, behel lepas, perawatan saluran akar, dsb dll dst
Untuk behel atau alat ortho cekat yang boleh mengerjakan itu spesialis di klinik paviliun khusus atau mahasiswa yang lagi ambil spesialis, skitar 4-5jt kalo ama mhsw sp, kalo ama yang udah sp.ort 8jt-an. *awas kalo ada yg nanya lagi ya ;P*
Berapaan nih harga perawatannya?
kalau bersihin karang gigi dari 30rb-75rb, nambal gigi 50rb-an tergantung bolongnya segimana, cabut 65rb, gigi palsu ratusan ribu :D

252 komentar:

  1. mantap sekali promosi dokter rizu ini..
    hebat neng!
    semoga banyak pasien yang menghampirimu,, amin...
    yg jelas,
    semoga kita semua lancar di klinik ya... amin!!

    BalasHapus
  2. sip siiip ;D
    oke daaaaaaah
    buka cabang di makassar~

    BalasHapus
  3. wuidih ada gw tuh nyelip dikit hehehehe... bole juga nih promosinya, nanti kalo pasiennya lebih bagi2 ya hohoho... semangaatt! semoga klinik kita lancar yaa amiinn :)

    BalasHapus
  4. risty dan ami: yoooiiih samo samo dah AMIIN
    huhuuhu aduh besok udah senin lagi T_T


    ati harchica: OIII ente dong yang ke jakarte!
    hehe
    gw tunggu!

    BalasHapus
  5. KLO GIGI patah, biasanya apa yang dilakukan ?

    trimakasih

    BalasHapus
  6. wah gigi patah ya,, segimana patahnya? kalau masih sedikit masih bisa ditambal tapi kalau sudah sampai kena pulpa (saraf) mesti perawatan saluran akar dulu dan nanti dibuatkan crown karena kalau tambalan saja takutnya tidak kuat menahan tekanan kunyah :D

    BalasHapus
  7. wah...
    kebetulan lagi pengen berssihin karang gigi..

    tapi takut.. >,<

    kalo sabtu atau minggu buka g bu dokter?

    BalasHapus
  8. permisi^^

    kak rizuka, aku mw rencana pasang behel di rsgm fkg ui. Harus dgn yg lg ambil spesialis yah.. klo hari sabtu/mgu buka gak yah?
    aku cuma bs hari itu T.T soalnya hari senin sampai jumat kerja. kacuali kalo rsgm buka ampe malem T.T
    mohon petunjuknya...
    makasiii ^^

    BalasHapus
  9. kalau biaya crowned gigi berapa ya?

    BalasHapus
  10. klo mahasiswi praktek yg baju biru? dari segi biaya bedanya berapa klo tindakan medis dgn mahasiswi praktek n dokter yg baju putih itu ?
    trus apa mahasiswi praktek trsbut dibayar oleh klinik atau cuma dpt nilai utk memenuhi requirement? krn sy pernah periksa disana dan cukup puas dgn mahasiswi praktek,cuma bayar ke klinik nya aja,mahasiswi nya enggak minta sih. kira2 yg bener mesti bayar dia jg apa ga yah? pengen kasih takut nya tersinggung lg.. abis ga tau si brp bayar na..

    BalasHapus
  11. @last butterfly: sabtu minggu libuuur hehee

    @ester: iya kalo behel bisanya cuma ama yg lagi ambil spesialis (senin-jumat jam 8-2siang)
    nah kalo yg sabtu buka itu yg udah spesialis, harganya tentu lebih mahal :)

    @anonim1: waduh ga tau, ga hapal nih harganya hehe.. mungkin skitar 300-500an kali ya, ntar kutanya lagi deh

    @anonim2: iya yg baju biru itu mahasiswa yg lg ambil gelar dokter gigi, kalo yg baju putih dokter gigi yg lagi ambil spesialis, biayanya tentu beda misal aja cabut di mahasiswa 60rb, di yg ambil spesialis 100rb
    mahasiswa emang cuma mengejar requirement, kagak usah dikasi duit, bayar emang ke kliniknya aja
    tapi kalo mau ngasih2 jg ga ditolak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu rizuka,,
      salam kenal,bu gigi depan saya retak sebagian,sudah lama juga saya belum berobat ,sampai sekarang.tetapi posisi gigi masih utuh,bersih dan kuat,hanya retak miring sebagian..kira-kira bisa diobati bu?mohon balasanya..

      Hapus
  12. Kak rizuka, aku mau tambal gigi tapi bolongnya sudah besar, dan skarang sudah tidak ada sakit, aku pergi ke puskesmas katanya giginya sudah mati, aku disuruh pergi ke rumah sakit untuk perawtan terlebih dahulu kemudian baru bisa tambal. Apa Klinik RSGM FKG UI bisa...? terima kasih..

    BalasHapus
  13. hai2 salam kenal... & mau tanya2 juga ;)
    1. treatment/perawatan saluran akar sebelum penambalan biasanya dilakukan sampai berapa kali & gimana dengan interval waktunya ?
    2. biaya treatment per 1 gigi berapa ?
    3. disana ada treatment pemutihan gigi juga ? & kalau ada biayanya brp ?
    Thank u & sorry kalau banyak pertanyaannya !

    BalasHapus
  14. hi salam kenal!
    ma nanya dunks. nyokap 4 gigi palsu bagian bawah depannya udah pada goyang, asli bisa digoyang2 kaya gigi mau copot.
    nah kalo bikin gigi palsu berapa yah? kl yg porselen brp bu? :)
    ditunggu yah bu reply nya :)

    BalasHapus
  15. hai mau nanya dong... besok saya mau kesana... buka kan yaa...

    BalasHapus
  16. maaap lama balas :D

    @anonim 7 juni: haloo,, iya bisa kok dirawat disini, namanya perawatan saluran akar (PSA) biasanya 3 kali kunjungan gitu baru bisa ditambal. ayok ke salemba :)

    @der prozessor: PSA biasanya sekitar min 3 kali kunjungan. untuk interval, yg pertama&kedua sih bisa berdekatan, yg ke-3 jarak seminggu gitu. total paling lama 3-mingguan
    2. perkunjungan 30rb + tambal 45-65rb gitu klo ga salah
    3. kalo di bagian yg s1 sih ga ada, tapi yg lagi ambil spesialis / paviliun khusus mungkin ada tapi saya ga tau harganya :)

    @mylifestory: salam kenal jg! gigi palsu total skitar 500-800rb kyknya, tergantung banyak gigi hilang.. kalo mau yg oke di tempat yg lagi ambil spesialis gigi palsu ajaah.. di fkg ui salemba jg kok

    @felcia: ini yg temannya mbak liska bukan? hehe

    BalasHapus
  17. kak kira" pasang behel di RSGM UI berapa yaa?

    BalasHapus
  18. dear admin. mau tanya dund jika pasang behel di RSGM UI berapa yah... dan prosedur apa saja yang dilakukan... thx b4

    BalasHapus
  19. numpang tanya kalo mau pasang crown berapa ya? terus harga gigi sementara sebelum crown dipasang berapa?

    BalasHapus
  20. punya rekomendasi calon dktr spesialis yg orgna enak n bs nyicil bayarna ga bwt pasang behel?

    BalasHapus
  21. Ka... aku mau pasang behel, niatnya bawa bracketnya sendiri... kira2 jasa pemasangannya di ka rizuka brp????
    Atau tau ga harga di spesialis brp???
    ditunggu yh ka infonya

    BalasHapus
  22. @anonim: pasang behel sama residen kayaknya berkisar 4-5jt, kalo sama spesialis diatas itu

    @ika: crown 200rb an kalo aku tak salah

    @zana: aku kurang tau sis, nggak kenal hehe

    @ria: wah kalo aku ga bisa (ga boleh) pasang behel, walaupun kamu bawa sendiri perawatannya ya kurang lebih sama *lihat tulisanku diatas*

    BalasHapus
  23. @krizlo : pengen cabut gigi bawah graham ni dok, tapi takut btw klo cabut di bius gak sih biar gak sakit??n tanya brp biayanya, klo pake bius?

    BalasHapus
  24. dokter rizu,
    saya telah 2 kali ke Klinik Umum FKG UI, ditangani oleh mahasiswa spesialis. dua2 nya cabut komplikasi. jika cabut komplikasi bisa tidak di dokter rizuka? biayanya berapa ya? kalo saya sudah 2 kali dengan mahasiswa spesialis, bisa tidak minta ganti dokter ke dokter rizuka? ohiya, jika bulan ramadhan Klinik Umum FKG UI buka jam berapa ya?

    BalasHapus
  25. kakak rizu... aq mau nanya,2 gigi aq aslinya hitam, dan pernah dijaket...skg warna putihnya dah mau mulai menghilang...dsana ada tidak untuk pemasangan jaket di gigi ku ini.
    dlu tidak bisa dicabut karena gigi saya ada kista kata dokternya itu bisa bikin buta dimata saya kalo dicabut, oleh karena itu sayan hanya menjaketkan gigi hitam saya biar terlihat putih.
    kira dengan gigi seperti itu,isa tidak untuk pasang behel, karena gigi atas saya acak"an walaupun tidak terlalu parah. tolong dibalas yah kak rixu terimakasih....

    BalasHapus
  26. Hai rizuka chan...
    Salam kenal,saya 2th yg lalu pernah operasi 2 geraham impaksi di paviliun.skr mau operasi 2 geraham lg krn impaksi jg..klo yg di FKG itu rekomended ga ya?yg pegang Drg ambil spesialis ato dah Drg.SpBM??thx rizu chan...muah

    BalasHapus
  27. dokter Rizu...
    kalo bersihin karang kan 30-75 rb ya.
    itu semua gigi atas bawah? apa harga satu gigi ya? kalo g semua... per-gigi berapa duit ya?
    mks

    BalasHapus
  28. dok, untuk nambal gigi & buat gigi palsu per giginya kisaran harganya brp ya? tq

    BalasHapus
  29. @anonim1: tentu pake bius dong, masa' enggak hehe. cabut 60rb, obat biusnya 5rb saja~!

    @anonim2: wah kalo ekskom (ekstraksi komplikasi) bukan kompetisi aku (mhs s1), biasanya yg ngerjain mahasiswa yg lg ambil spesialis.. ramadhan buka sperti biasa cuma tutup lebih cepet, jam 1

    @suliss: yo sulis. ada kok jacket, tapi sbnrnya harus dievaluasi lagi, mungkin dixray dulu biar ngeliat masih ada kista atau nggak, soalnya kalo di fkg harus dirawat keseluruhan, nggak bisa kalo cuma mau langsung ditambel atau pasang jacket padahal ada suatu masalah di gigi itu (namanya jg rs pendidikan hehe). walau pake jacket masih bisa kok dibehelin :)

    @her art: salam kenal jg :D tentu recommended dong,, bisa ama siapa aja tergantung mba maunya ama siapa (tergantung kocek jg sih). kalo ama mahasiswa sp nya mending cari yg udah senior, jgn yg baru masuk hehe. kalo ama sp.bm (dosen2ku), ga usah ditanya, lihai banget, operasi gigi bungsu paling lama 15 menit hehe

    @wawa: bersihin karang gigi itu harganya sesuai tingkat banyaknya si karang, ada 3 : 45rb,55rb,75rb. itu udah atas bawah bukan per gigi :D

    @anonim: nambel gigi 45-70rb, kalo gigi palsu aku lupa deh harganya hehe

    BalasHapus
  30. dok, klo utk oclusal ada kan ya?
    bukanya setiap hari apa dan sd. jam brp?

    BalasHapus
  31. hai rizuka,,
    mau tyank donk,,
    kalo di sana ada tambal gigi apa aja?
    katanya lebih bagus pake laser, slain lebih kuat n sewarna ma gigi,, dsana ada tambal gigi laser ga?

    makasih :)

    BalasHapus
  32. kalo nambal gigi yg pake sinar brapaan tuh? Apa ada diskon untuk mahasiswa sana?

    BalasHapus
  33. mau tanya dong... klo proses untuk pasang crown apa aja en biaya semuanya jadi berapa?
    *klo gak salah ada tahap pengisian,pin,pasang crown,,dll...
    crown yang bagus apa?

    BalasHapus
  34. mau tny dok,,kalau sama mahasiswiny pasang behel antara 4-5jt,,nah itu bisa dicicil 2 kali pembayaran ga?atau tidak??thanks..

    BalasHapus
  35. Hai rizuka...
    Mau tanya tentang gigi geraham belakang yang tumbuh miring dan sudah menimbulkan radang (migren & sedikit demam)...
    1. apakah harus dioperasi? (jujur agak ngeri niyyy)
    2. setau saya kalu masih radang tidak boleh ada tindakan operasi yah...tapi kemarin saya ke dokter (hari rabu) dan disarankan untuk operasi hari jumat pagi. Apakah bisa, padahal gusi masih berasa nyut-nyutan?
    3. kira-kira biaya operasi dan pencabutan 1 gigi bungsu itu berapa ya & bisa gak di RSGM-FKGUI?

    Maaf ya nanyanya borongan...
    Thx b4

    BalasHapus
  36. tanya dong dok.. :)
    klo cabut gigi graham yg bermasalah, data rontgennya harus pake yang baru atau pake yang lama juga ga masalah (terakhir rontgen 8 th yg lalu).. Di FKGUI ada kan ya fasilitasnya?
    thx..

    BalasHapus
  37. jawab barengan yaa.. yang ada di keterangan blog atau pertanyaan sama yg udah ditanyain orang2 sebelumnya ga bakal gw jawab, silahkan baca lagi ya hehe

    -untuk oklusal maksudnya apa ya? diasah?

    -tambal laser (resin komposit) tentu ada dong, GIC, dan amalgam jg

    -harga tambel resin 45rb-85rb, diskonnya cuma utk mahasiswa fkg ui, kalo anak ui fakultas lain kyknya nggak deh

    -gw belom bikin crown nih, mau jadi pasien saya nggak? hahaha. total mngkin bisa lebih dr 500rb

    -kurang tau ortho2an, mahasiswa s1 kagak ade

    -mbakmas yang tumbuh geraham, kalo ada keluhan dan menyebabkan kegalauan eh maksudnya ketidaknyamanan tentu saja harus segera diambil :D kalo lagi radang biasanya dikasih obat2 dulu untuk premedikasinya,tapi yg pasti sih harus difoto xray dulu yaa.. kalo posisinya gampang, bisa dikerjain ama s1 (300rban), kalo susah sama residen (600rb), kalo mau ama yg ahli di paviliun khusus (1jt). silahkan pilih huihihi

    -foto 8 tahun yg lalu? huhihi. udah ga bisa lagi sisbro, bahkan yg ideal itu 6 bulan karna bisa terjadi perubahan2 di jaringan skitar gigi. tenang aja di fkg ada kok, tapi untuk yg panoramik (keseluruhan gigi) lagi rusak yg harganya 35rb, jadi mesti di pav khusus, harganya 75rb..

    BalasHapus
  38. boleh gak rontgen tanpa surat keterang dari dokter. biar gak bulak balik gitu maksudnya....
    karena mau rontgen seluruh gigi, walau yg bermasalah hanya satu gigi. cuma pengen tahu aja siapa tahu gigi yang lain ada masalah.

    BalasHapus
  39. dear admin

    kalau bersihin karang gigi berapa? atau perawatan berkala?
    Kalau sabtu tutup pendaftaran jam berapa ?

    BalasHapus
  40. @LS: boleh aja, tapi tetep harus daftar dulu dan ke distribusi, ntar bilang aja ama dokter yg di distribusi, pengen difoto semua gigi

    @rizqy: tergantung banyaknya dari 45-85, kalo parah ampe suka gusi berdarah biasanya disuruh kontrol lagi. sabtu yg s1 ga buka. kalo yg paviliun khusus buka ampe sore

    BalasHapus
  41. Hi calon dokter ... blognya sangat membantu ...
    mau tanya nih, saya mau pasang gigi palsu bridge sisi kanan 1 gigi n sisi kiri 1 gigi.. kira2 kalo di RSGM UI, kl mau sama yg resident yg mau ambil sp prosto, bisa request gk ya ? atau nanti dikasih sm siapa aja yg punya waktu senggang ??

    biaya brodge n valplast brp ya ?

    Thx

    BalasHapus
  42. halo juga chethac, kalo udah kenal sama residennya sih kayaknya ga masalah ya, kan tinggal cocokin jadwal. tapi kalo mau ditangani langsung saat dtg yaa dikasihnya ke yang lagi senggang nampaknya
    biayanya kalo di sp kurang tau deh hoho

    BalasHapus
  43. Hai CD (calon dokter) ;)
    saya udah lama pgn k FKG UI bt bersihin karang gigi dan tambal,krn gigi sy udah rusak bgt :(
    tp kpentok sm kerja...
    klo pengen dtangani sama dktr rizuka,bgmana caranya?jd nnti sy yg menyesuaikan jdwalnya.thanks

    BalasHapus
  44. yoo mbak widhy, kebetulan aku udah pindah stase jadi nggak kerja di RSGMP salemba lg ampe tahun depan hehe
    dateng aja mbak pagi2 daftar di distribusi biar nunggunya ga lama..

    BalasHapus
  45. ooogitu...Oke deh :)
    iya rencana mau hari ini ksana,demo ha isha e kimasen,zannendesune!
    krna lagi-lagi kerjaan,shikattaganai :(
    senin pagi deh insyaallah jd ksana,Ha ga tottemo ittai :( hrs jadi ke DOKTER GIGI ! yooosh...
    rizuka chan, arigatou ne m-_-m

    BalasHapus
  46. Pagi dok ... Adik saya habis jatoh dr motor. Skrg kondisi gigi bagian depan ada yg goyang, lumayan menganggu ... Kira2 kl keluhan spt diatas, bs tdk kl adik saya dpt tindakan perawatan di rsgm ui dgn mahasiswa koas?? Apakah harus ke dokter trtntu ? Kira2 apakah harus di dental splinting? Biaya range brapa dok di sana? Terima kasih banyak ..

    BalasHapus
  47. Soree.. Calon dokter, kalo pasang behel biayanya bisa dicicil ga ya? hehe

    BalasHapus
  48. numpang nanya, anak saya didiagnosa multiple lymphadenopathy colli disertai hypervascularisasi di regio mandibula, diduga tumor (oleh dr anak), oleh dokter hematolog/onkolog disarankan untuk ke drg dulu, dugaannya ada infeksi/penyakit/kelainan di mulut/geligi/gigi mengingat pembengkakan KGB di regio submandibula.
    Akan saya bawa ke RSGM FKG UI (yg swasta) mesti ke bagian mana? Prof. drg. H. Iwan Tofani, SpBM, Ph.D. jadwal prakteknya hari/jam apa aja ya?
    Terima kasih ya. Sorry suratnya puaaannjaaang.

    BalasHapus
  49. @widhy: doumo!!!! gimana mbak? jadi gak hari senin kemarin?

    @anonim: huaaa maap baru bales, kegoyangannya udah bisa diraba pake lidah ya? pake patah jg? kayaknya emang harus cepet2 displinting tuh, bisa kok di fkg. tapi untuk biaya saya kurang tau

    @anonim2: kurang tau mba

    @anonim3: ya ampuun, bahkan namanya panjang banget ya.. emang sih kalo di regio submandibula biasanya ada hubungannya ama gigi, bawa aja mbak ke bagian paviliun khusus, tiap hari ada dokter bedah mulut (dosen2 saya) yg handal kok, kalo untuk jadwal prakteknya saya kurang tau. semoga bisa cepat disembuhkan yaa

    BalasHapus
  50. kmrn sudah ke dokter praktek dkt rumah, tp sm dokternya cm di rontgen n katanya krn adik saya masih muda, giginya masih bs keceng dgn sendirinya, jadi gk ada tindakan apa2 slain rontgen + resep obat :amoxicilin = Rp 250 rb.. pdhl adik saya blg giginya goyangnya lmnyn .. tp ya sudahlah dok, sy percaya aja sm yg lbh profesional.. hehe

    BalasHapus
  51. salam knl mba,
    aq mw tnya klo skarang pasang behel sktr berapa ya di FKG UI?
    FKG UI reccomended ga ya?cos (maaf) aq tkt klo mlh jd bhn prcobaan.
    thx

    BalasHapus
  52. @anonim1: oh gitu, tapi kalo udah goyangnya parah serem jg ya hihi.. aku aja pernah jatoh gigi goyang dikittt banget tapi sakittttt udah deg2an banget itu.. dokter gigi kan udah berpengalaman (drpd mahasiswa2 koas ini haha), smoga cepet sembuh ya adiknya!

    @anonim2: aku ga mau jawab ah, udah banyak yg nanya. kalo nanya ke saya recomended apa nggak, ya saya jawab IYA. karena yg nanganin kan yg udah bergelar DRG dan sedang menjalankan spesialis, tentunya dibawah pengawasan dosen2 handal. kalo jd bahan percobaan ya saya jawab iya jg, namanya jg masih belajar, kalo ga ada pasien pas jaman koass, dokter ortho yg paling paling profesional saat ini pun ga bakal lulus jadi dokter ortho. intinya, kita semua bertindak sesuai prosedur standar operasional kerja, teori udah dikuasai lalu tinggal pelaksanaannya deh, nanti kan ada evaluasi.

    BalasHapus
  53. Kenal sama drg.Arnof yg di Depok ga mba?
    Katany drg.Arnof lulusan UI jg ya?
    Ada info ga pasang kawat gigi dsana,recomended ga ya?
    Thx

    BalasHapus
  54. yattaaaaa, scalling done!!!
    jadi rizuka, izin masuk kantor siang..
    daaaaaaan stgh9 udah standby dsana, antri sebentar,krn msh pagi..FKG UI ramah2 ya mahasiswanya :)
    next time, ksana lg bt cabut dan tambal..tp msh ngumpulin nyali dl niy buat cabut gigi -__-

    BalasHapus
  55. assalamualaikum mbak rizuka. Q mau tanya nih. gigi Q kan dibehel dari 1 tahunan yg lalu di Bandung. Trus, sekarang Q tinggal di jakarta. nah q pengen pindah ke RSGM UI. Nah yang q mau tanyain.
    1.pindah dokter gigi ke RSGM boleh gak?
    2. prosedurnya gmn ya?
    3. Apa ada biaya pindah dokter? Maksih ya Mbak..
    4. Apa Qta harus bawa foto rontgen and cetakan gigi kita dari dokter gigi sebelumnya?

    BalasHapus
  56. Hai Calon Dokter ,aq mau tanya pasang mahkota gigi di RSGM UI bisa ga? biayanya berapa yah kira2?

    BalasHapus
  57. saya mau tanya apakah mbak rizuka dan kawan2 bisa melakukan pemeriksaan gigi disekolah??
    saya seorang perawat sekolah yg bekerja di singapore school kelapa gading.

    BalasHapus
  58. @anonim1: hmm, mohon maaf aku ga kenal.. pergaulan masih terbatas nih :)

    @widhy: yaay! iya mbak, nanti2 ke fkg aja, insya allah ga sakit kok :D

    @shinywinda: pindah dokter boleh aja mbak, tapi setauku rencana perawatannya diulang dr awal, alias biayanya kyk masang baru (kalo ga salah loh), kalo ada foto dan cetakan lbh bagus, dibawa aja, ntar bilang alasannya... smoga membantu ya

    @sisi: bisa kok mbak, untuk biaya ga tauuu.. udah pindah stase nih, ga di salemba lagi hehe

    @anonim: pemeriksaan giginya seperti apa ya, untuk melihat kondisi gigi dan rujukan untuk ke dokter gigi? kalau saya pribadi, skarang sedang stase public health di depok. kalau ingin minta bantuan bisa sih ke badan eksekutif mahasiswa (BEM) bagian pengabdian masyarakat, tp waktunya cuma bisa sabtu/minggu biasanya. gimana mbak? mau CPnya?

    BalasHapus
  59. hem,, calon drg..
    mau tanya dong...
    kalo pasang behel boleh atasnya aja, atau harus atas bawah ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok 1 rahang doang hehe

      -maap baru balas-

      Hapus
  60. halo
    saya mau tanya, saya mau bersihin karang gigi, bisa langsung bersihin ga? tanpa periksa menyeluruh gitu
    kalo buat mahasiswa/i UI harganya beda/sama? hehehe
    terima kasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus diperiksa menyeluruh mbakmas karena ini kan RS pendidikan hehe
      kalo mau cepet di puskesmas aja
      untuk mahasiswa ui harga sama, anak fkg doang yg dapet diskon hehe :D

      -maap baru balas-

      Hapus
  61. D RSGM bisa tangani periodontal gak? terlebih yg sdh mengarah k periodentitis? Biayanya brp ya? Tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok nadia.. biayanya bisa mencapai ratusan ribu.. kurang tau jg brp tergantung keparahan dan brp kali kunjungan

      -maap baru balas-

      Hapus
  62. PengalamanQ cabut geraham bungsu sama anak koass fkg ui :)
    (Dibanding drg.spbm di Rs negri) :
    1.super ramah bangget secara lg ngejar nilai yaa... ;p
    2.baik,hati2,teliti....tp aQ agak deg2an jg cie coz dr segi pengalaman mrk kan msh kurang
    Hasil memuaskan alias gak terlalu sakit, cepet sembuhnye n pastinya murah meriah ;D

    Tp lupa nama drgnya siapa,,,
    ,,,,,,,dulu ruangannya dicampur gitu gak nyaman jadinya,
    Usul dunk klo bisa disekat dikit kek jd kan ga tpengaruh dengan jeritan+penderitaan pasien lain


    Smaaaiiiiile ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah yaaah *ala syahrini*
      pasien senang, koass pun riang hehe
      mohon direkomendasikan ke teman2nya ya mbak
      untuk sekat2 hmm kayaknya belum bisa kali ya hihi
      arigatouuu <3

      -maap baru balas-

      Hapus
  63. mbak salam kenal.. aku widia, mau tanya, kalo pasang behel sama Mahasiswa yg ambil spesialis itu bagus ga?? ada yg kontrol waktu pemasangannya??
    karena kan masih belajar juga mahasiswanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm yaah bagus ga bagus gimana yaa, namanya jg masih belajar tapi yg pasti kan mereka semua di bawah bimbingan supervisor :D
      kontrol 2mg sekali biasanya :D

      -maap baru balas-

      Hapus
  64. salam kenal mbak, mau nanya dikit, untuk dokter spesialis prostodonsia gmn y..?? rncana saya mau bridge, kira2 bgmn prosedur dan biayanya, klo bs diemail y mbak ke sini : romy@bps.go.id
    tengkyu sebelumnya..
    regards..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bales disini aja ya haha
      ini aja telat banget balesnya
      kalo mau ke dokter yg udah spesialis berarti di paviliun khusus.. mahal bro! tapi kualitas pasti oke punya

      sebagai gambaran, sama mahasiswa koass aja bridge itu 1jutaan (totalnya)

      Hapus
  65. Salam kenal mbak,
    Dari komentar2 di atas, biaya pasang gigi palsu bisa ratusan ribu / gigi, apakah di klinik ini
    bisa terima kartu kredit ( kan lumayan bisa di cicil nantinya hehehe... )
    Trim's ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bisaaaa T___T harus cash
      itu dia saya juga kasian sih ama pasien2 yg bawanya pas2an
      saran saya sebelum dilakukan prosedur tanya dulu harganya brp hehe

      -maap baru balas-

      Hapus
  66. mau nanya dok...
    kalo mau pasang behel ama yang calon spesialis ortho harus di rontgen dulu yah???
    trus pemasangan behelnya berapa lama setelah rontgen dok..
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya difoto panoramik dan sefalogram dulu, pemasangannya mungkin seminggu/2minggu kemudian kali ya cmiiw

      -maap baru balas-

      Hapus
  67. Hai Rizuka,salam kenal yah

    mau tanya,booleh ga sih cabut gigi geraham bungsu dlm kondisi hamil (5bln) & dlm kondisi sakit kepala bagian belakang (yg kayanya disebabkan oleh si gigi ini nih? Atau harus tunggu stlh hami/tdk sakit kepala saja?
    Terus kl sdh dcabut pasti ada obat yg harus dikonsumsi tuh,nah apakah obat2ab tsb nanti ada efek sampingnya utk yg sdg hamil atau menyusui (maksudnya ke si baby nya).

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaaa ya ampuuun maap banget nih baru bales.. gimana skarang kondisinya mbak?
      sebenernya sih saat hamil tidak disarankan untuk foto xray (kalo mau cabut gigi bungsu kan harus digoto dulu)
      jadi ya ada baiknya diundur dulu sampai setelahnya

      untuk obat2an abis cabut biasanya sih antibiotik dan antinyeri aja, bisa dikonsultasikan lagi dg dokter kandungan..

      -maap baru balas-

      Hapus
  68. Hallo ka rizuka, mau tanya nih
    gigi depan aku ada yg patah (1/3 gigi ny)kira2 segitu.
    nah klo mau pasang behel nanti tahapanny gimana, apa langsung di pasang behelny atau ada yg mesti dilakukn terlebih dahulu sblum pemasanganny.
    oh iy, kontrol behelnya setiap berapa minggu, dan berpa biayany kak?
    di tunngu jawabanny ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaaarrrghhhh gigi pataaaah aku butuh kasus itu hehe
      tapi sayang sekarang lagi nggak di integrasi sih huhuhu

      gigi yg patah dirawat dulu, kayaknya sih ntar di kasih mahkota tiruan gitu, kalo giginya udah mati sebelumnya harus rawat saluran akar dulu.. nah kalo udah selesai semua perawatan gigi (kalo ada gigi bolong jg harus ditambel2in dulu) baruu deh dipasang
      2 mg sekali kontrol, biaya kurang tau

      -maap baru balas-

      Hapus
  69. mhn pencerahannya...sdh mengunakan behel 3thn,tp semenjak hml 8bln smp saat ini usia anak 1,5thn tdk blk ke drg ortho awal krn kesibukan urus baby+ikut dinas suami...mau lepas behel di fkg ui bisa tdk ya+berapa perkiraan biayanya? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau lepas behel ya? kayaknya sih bisa aja
      tapi kurang tau untuk harganya
      *maap kurang membantu T_T*

      -maap baru balas-

      Hapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  71. klo sabtu kan yang buka yang paviliun khusus yaa...nah ntu klo mau tambal gigi dstu berapaan yaa??? soalnya bisanya cuma sabtu-minggu...
    kmrn uda k rumah sakit n dtambal sementara gitu trus kta dokternya giginya bakalan bisa ditambal permanen setelah tambalan sementara ganti 6x (per minggu harus ganti) dan aku blum ganti...
    makasii yaa sebelumnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di pavsus,, tambal kalo kecil paling murah 200rb kali ya *lirik dompet*

      -maap baru balas-

      Hapus
  72. untuk behel bisa dicicil gk neh??btuh brp lama utk proses pemasangan dr tahap awal sampai akhir??5jt tu dah biaya totalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kurang tahu, saya masih koass
      *ga membantu wkwk*

      -maap baru balas-

      Hapus
  73. slmat sore mbak,lgs aj yah, sya mw nny utk bleaching gigi bs gk yah, n biayanya kira2 brp?
    bs dikirim ke email sya; winda.riswati@yahoo.com.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bleaching bisa kok.. mungkin 700rb kali ya plg murah
      kurang tau jg hehe

      -maap baru balas-

      Hapus
  74. Haii Rizuka..Thanks blognya, barusan saya selesai bersihin karang gigi d fkg ui. Proses admnstrasinya cepat, pelayanan & hasil kerjanya bgs.. Pas mau byr, kaget cuma 55rb..perasaan yg dikerjain bnyak bgt, atas-bawah, hehehee. Thanks to ....*yg ngerjain sapa yaa namanya*. Next, gw mau pasang behel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YAY! senangnyaaah
      ajakin temen2nya ya mbak/mas kalo ada gigi2 yg sakit atau mau pake gigi palsu hehe
      udah pasang nih behelnya?

      -maap baru balas-

      Hapus
  75. assalamualaikum ibu dokter.. nice info..
    aq juga punya permasalahan sama gigi. gigiku ada 2 yang bolong graham atas sama graham bawah. pernah diperiksa keklinik trus ditambel sementara.sekarang tambelannya copot.
    diklinik itu lumayan mahal.
    kalo biaya buat perawatan gigi berlubang sampe tuntas tas tas tas tas tas di fkg ui brapa ya? mohon pencerahan... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam
      wow di klinik mahal kok cuma ditambel sementara?
      tambel sementara biasanya emang cuma buat 2 minggu sih harusnya
      jadi gini mbak, tergantung bolongnya dilihat dari besar dan kedalamannya, semua itu jadi pertimbangan untuk pemilihan bahan tambal. kalo masih bisa dg komposit per gigi harga 75rb, kalo meluas harus dg inlay/onlay itu lebih mahal skitar 150rb lbh, kalo udah sampe mati akar berarti kan harus perawatan sal akar sblm ditambal, itu bayar lagi 30rb per kunjungan (min.2x untuk penyembuhan) gitu mbak

      -maap baru balas-

      Hapus
    2. waaah.. makasih banyak ya bu atas pencerahannya..

      Hapus
  76. Hi rizu..
    salam kenal yah..

    mau nanya dong.. biaya pasang behel yg di atas itu termasuk apa aja yah? cabut, scalling, dll nya gmn?
    bisa minta contact person ato recommend gak?

    makasih yah rizu.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga punyaaa CP ataupun rekomendasi nih huhu maap
      paling yg bisa kurekomendasi ya dosen2ku yg praktek di paviliun khusus.. *harga lbh mahal*
      setau eke sih pasang behel itu belum termasuk tambel cabut skeling cmiiw

      -maap baru balas-

      Hapus
  77. Slm knal dr.rhizuka..
    Kmrn ak prwtn akr gi2 di paviliun rsgmp ui.. Trus disuruh bkin crown.. Ak kaget bgt pas tnya ke adminnya trnyata biaya total nya 3.750.000..di luar biaya prwatan akar.. Bner apa enggak ya? Ap ak yg slh dnger? Knpa mahal ya dr.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. WOW berapa gigi itu mbak? yeah namanya juga ama spesialis yaa.. emang mahal sih tapi kalo ampe 3 jt errr..
      di koass emang bisa mencapai 1jt sih
      mahal di labnya jg soalnya

      -maap baru balas-

      Hapus
  78. mba rizu. aku mau tanya dong, biaya cabut gigi geraham bawah kiri berapa kalau sama residen dan berapa kalau sama sp.BM? aku mau cabut gigi geraham bawah kiriku

    BalasHapus
    Balasan
    1. residen 600rb kalo ga salah, sama spBM 1 jeti bok!
      hehe
      udah dicabut belum?
      ama koass jg bisa kok, kalo masih gampang posisinya hehe

      -maap baru balas-

      Hapus
  79. Untuk penanganan dokter gigi spesialis anak ada ngga di FKG UI. Mohon infonya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. spesialis anak adaaaa!
      residen maupun yg udah spesialis adaaa!
      bahkan koass jg ada tp biasanya bawa pasien sendiri
      sekarang aku lagi di stase gigi anak nih, pusiiing deh hihihi

      -maap baru balas-

      Hapus
  80. kalo pasang behel gitu bs di cicil ga bu dokter? :D

    BalasHapus
  81. kurang tau mbak hehe

    -maap baru balas-

    BalasHapus
  82. Selamat pagi,
    Saya memiliki masalah dengan gigi yaitu gigi geraham kanan bawah saya (kedua dr belakang) berlubang (pecah) dan yang tersisa hanya dinding nya saja, dan sampai sekarang belum dicabut karena saya bingung pengangannya. Soalnya setelah dicabut pasti akan terbentuk lubang di gusi, dan bisa membuat proses pengunyahan makanan di sisi yang dicabut menjadi tidak sempurna. Sebelumnya geraham kanan bawah yang paling belakang pernah dicabut dengan metode operasi mulut dan dijahit setelah dioperasi. Apakah gigi geraham yg skrg bermasalah ini harus dicabut atau harus dioperasi seperti gigi geraham yg terdahulu? Jika dicabut apakah harus pasang gigi palsu atau gmn? Trus apakah di RSGM UI ada dokter bedah mulut seandainya gigi saya harus dioperasi?
    Thanks sebelumnya..sorry banyak nanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. -maap baru balas-

      malam, sebaiknya sih dicabut ya lebih cepat lebih baik, ga usah bingung pegangannya gimana, dokter giginya ntar yg menangani hehe. biar lebih terjamin, mending ke yg lagi ngambil spesialis atau yg udah spesialis bedah mulut. lubang di gusi abis dicabut udah bisa tertutup kok kurang lebih sebulan. gigi geraham yg ini ga usah dioperasi, langsung cabut biasa aja. lebih baik setelah itu pake gigi palsu biar ngunyah enak dan ga merubah struktur gigi yg sudah ada. di RSGM UI lengkap, mau pilih berbagai macam spesialis ada kok :)

      Hapus
  83. Mba yang cantik dan menawan.... calon dokter....

    mau nanya....

    udah punya pacar blom? kalo belom, boleh neh daftar....hihihiii becanda. *ngarep.com

    inikan 2012, apakah pasang behel di PAVSUS, masih sama dengan harga yang diatas 8JTan???....

    harus jawab iya atau ga... jangan ga tau *maksa.com..heheh

    minat neh...


    makasih mba yang cantik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya harganya masih 8 jtaan atau udah berubah... mohon infonya...

      thanks

      Hapus
  84. mbak saya tinggal di bali, kalau mau pasang behel dsitu, nanti kontrolnya gmn ya? ada solusi. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun mba, kayaknya agak susah ya hehe
      kontrolnya kan harus sama dokter giginya, dan biasanya 2mg sekali hehe
      cari aja dokter spesialis ortho (behel) di bali, pasti banyak yg oke jg kok

      -maap baru balas-

      Hapus
  85. Rizuka, mau tanya biaya pasang behel dgn drg. spesialis ortho itu berapa ya, dan prosesnza berapa lama? kamu ada cp salah satu spesialis ortho ga? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10jeti kali ya
      prosesnya ya tergantung kasusnya
      kalo ke paviliun khusus cari aja drg. Nada sp.ort

      Hapus
  86. Dear mba rizuka, saya hari ini baru saja ke puskesmas untuk cabut gigi saya yg bolong, posisinya di ujung kanan atas...tetapi bu dokternya bilang ga bisa di lakukan pencabutan di puskesmas, harus ke dokter, karna di sebelah gigi yg rusak itu ada gigi yg mau numbuh juga..
    saya takut kalo di rumah sakit biayanya mahal... melihat blog mba rizuka saya sangat tertarik karna tidak terlalu mahal dari apa yang saya bayangkan, tapiiiiii...menurut teman kerja saya, "itu kan buat praktek calon dokter gigi, mal praktek loh" langsung jipeerr....kira2 menurut mba rizuki aman tidak? dan apa kasus seperti saya ini bisa di tangani di RSGM UI?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. alohaa alya,
      pertama2 harus diluruskan dulu ya, malpraktek itu kan praktek kedokteran yang salah atau tidak sesuai dengan standar profesi atau standar prosedur operasional. kami mahasiswa calon dokter gigi ui tentunya diajarkan untuk bekerja sesuai SOP, di ui setiap tindakan perawatan gigi pasti diawasi oleh supervisor (dokter gigi spesialis yg kompeten di bidangnya), jadi jangan khawatir. setiap masalah gigi juga sudah ada indikasi tindakannya, apakah bisa dikerjakan oleh mahasiswa s1 atau harus ke mahasiswa spesialis. jadi kalau kira2 kasusnya rumit sudah pasti tidak diserahkan ke para koas. sekali lagi pengen bilang, kalo ga ada orang yg rela dirawat oleh mahasiswa, berarti indonesia ga akan punya lulusan dokter gigi nantinya, hehe..
      kasus mbak bisa kok ditangani di RSGM, nanti oleh dokter distribusi akan dilihat sudah sejauh mana kehilangan struktur giginya, kalau pegangannya sudah sedikit biasanya akan diserahkan ke mahasiswa spesialis karena tindakan pencabutannya lebih rumit. harga cabut di mahasiswa s1 60rb, di mhs sp 100rb.

      Hapus
  87. Bu Dokter, klo penanganan TMD biayanya mahal gak???
    hehehe
    selain Prof. Laura dan Prof. Titi gak ada lagi yak spesialis TMD??
    udeh menderita nih sama nyerinya..bahu, leher, kuping, rahang, kepala, mata, idung sakit semua..
    tolong dibantu ya dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh udah itu prof laura aja! buruan deh jangan ditunda..
      untuk biaya kurang tau huhuhu maap

      Hapus
  88. bu dokter, mau tanya dunks.

    kalau mau ganti tambalan amalgam jadi inlay porselen berapa ya kira2 di rsgm?
    gak nyaman nih tambalan amalgam saya.

    tolong ya...

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih 450-an :)

      -maaf baru bales-

      Hapus
  89. siang mba..kalau untuk cabut gigi geraham bungsu harus di spesialis nya ato bisa di klinik gigi mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kasus, kalo masih ringan bisa di s1, kalo susah ya di sp hehe

      Hapus
  90. Dear mba rizuka,
    udah lulus kah hehehehe

    saya mau tanya tentang ortho
    *Untuk behel atau alat ortho cekat yang boleh mengerjakan itu spesialis di klinik paviliun khusus atau mahasiswa yang lagi ambil spesialis, skitar 4-5jt kalo ama mhsw sp, kalo ama yang udah sp.ort 8jt-an*
    Nah untuk pemasangan behel ini kita bisa milih ya yang masang siapa? soalnya budget terbatas nih. adanya kisaran 4 - 5 juta aja..
    prosesnya gimana itu ya? sama yang kyk mbak rizuka posting diatas?
    Please your respond,
    thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum luluuuus huhuhuuh
      smoga taun depan udah bisa menyandang gelar drg hehe amin

      iya boleh di spesialis ortho atau yg udah sp *pavsus*, terserah aja mau dimana :)
      prosesnya sama, ntar bilang aja ke dokter distribusi kalo pengen pasang behel
      gitu aja hehe

      -maaf baru bales-

      Hapus
  91. kl untuk kary. fkg ui dpet diskon gak ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah siapa nih *curiga*
      gratis doong :D

      Hapus
  92. dr cantik,kalo operasi gigi geraham bwh,kiri dan kanan brp biayanya?yg plg murah,ditangani sama siapa?oh ya plus rontgennya,totalny brp? Terus kira2,bisa lgsg operasi ndk,pas abis di rontgen?kira2 proses buat operasi gigi geraham brp lama?tq b4 yah dr cantik !

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kasusnya *posisi giginya* gampang, bisa ditanganin ama s1, biaya per gigi 350-400rb
      kalo susah di mahasiswa sp 600rb
      hmm, biasanya sih bikin janji dulu, ga ampe seminggu langsung udah langsung bisa kok

      -maaf baru bales-

      Hapus
  93. Halo dok, mo..mo...mo..mo tanya dunk!!
    mmmmmmmm...... klo sabtu - minggu gak buka ?!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabtu doang buka, di paviliun khusus

      Hapus
  94. kak, kalau mau pasang behel atas aja berapa kak??
    makasih :)

    BalasHapus
  95. bu dokter..

    rahang saya bunyi nih, kalo maau perbaikan berapa ya biayanya, makasih...really need your answer

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu kurang tau harga2, datang aja langsung deh biar afdhol

      Hapus
  96. dok, yg 4-5 jt itu baru yg pakai karet y? klo iya, pasang behel yg damon (metal semua) klo sy tdk salah, itu bs biaya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di mahasiswa sp kyknya udah semua deh
      kurang tau jg ya

      Hapus
  97. aku mau nambal gigi nih,,dari dulu,,, aku takut sakit kalo ke dokter gigi.. padahal makin lama gigiku makin bolong,.. :(
    ampun dj...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan takut dong
      gimana mau sembuh
      ntar kalo ga diobatin lama2 harus dicabut

      Hapus
  98. Salam kenal dokteer..:D
    Bisa minta kontak RSGM FKG UI ndak?
    Aku tertarik ksana deh kayaknyaa..setelah melalui perang batin yg lumayan panjang..*lebay..
    Aku tuhh takut banget ke dokter gigii..ngerii..apalagi sjak dokter langganan udah meninggal, jadinya cari rekomendasi dokter ksana sini tp belum jg memutuskan..slain takut kjadian macam2, takut sama biayanya jugaa..*curhat..:))
    Graham bawahku ini kanan kiri boloong..yg kanan lbh abis dibanding yg kiri..kasus yg kanan itu malah cm sisa sedikit..dan kanan kirinya ada daging gitu..*klo di kasus kedokteran disebut apa yaa?
    Klo yg kiri, copot tambalan..
    Tp masih ttp takuutt...>.<
    Any suggest, doc?

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaa kalo nomor telpun eke ga ada nih, coba tanya ke telkom deh hehe
      insya allah kalo di UI oke2 kok dokter2nya, langsung ke bagian bedah mulut aja *emang lbh mahal sih*

      Hapus
  99. dpkter yang baik hati :D, aku mau tanya biaya untuk penambalan komposit berapaan ya? terus aku juga ingin ganti tambalan amalgamku dengan komposit, pengeborannya dilakukan dengan treatment khusus nggak? karena setahuku amalgam itu ada kandungan merkurinya, jadi bisa beracun kalau tertelan atau terhirup saat pengeboran

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap baru balas ya

      tambel komposit yg kompleks kalo ama koas kyknya 75/85rb
      oh tadinya udah ditambal amalgam ya, udah cukup besar dong ya lubangnya.. nanti palingan dievaluasi lagi apakah masih memadai jika pake komposit
      kalo treatment khusus pas nyopot amalgam kayaknya sih supaya aman bisa pake rubber dam *area mulut/wajah ditutup kec gigi yg mau dikerjain* bisa googling untuk liat fotonya

      Hapus
  100. hi kak.
    klo aku mau pasang behel tapi untuk gigi atasnya aja bisa gak??kira2 berapa??

    BalasHapus
  101. Hai Kak Rizukaaa

    Aku kan saat ini lg perawatan gigi sm yg lg koas (mba vivi). Nah blm selesai, terakhir br tambal sementara gigi depan sm cabut gigi graham 2 kanan kiri. Rencananya abiz cabut gigi graham ini, minggu depan gigi depanku yg abiz ditambal br bisa di tambal permanen / dimahkota gitu. Mengingat kondisi gigi depanku yg uda parah alias uda nyaris kena akar. Sementara nh, per 16 mei 2012 ini aku uda mulai join kerja lg di perusahaan baru. Kl aku pindah sabtu gt sm yg spesialis , bs langsung datang aja atw aku bilang dl sm mba vivi (mhsw yg lg koas)?? Trz biayanya kl sm yg spesialis brp yaa? Soalna kata mba vivi bwt gigi depan saya ini biaya kemungkinan 200 ribuan dan pemasangan gigi palsu permanen untuk 2 gigi geraham saya per gigi 1.500.000. Dan lama perawatan itu sendiri brp
    Nia Lutchu: permanen untuk 2 gigi geraham saya per gigi 1.500.000. Dan lama perawatan itu sendiri brp lama? Mohon bantuanna kak rizuuuu..

    Trimz yaa "̮(◦'⌣'◦)"̮ °˚ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ˚°

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh mau yg sama spesialis di salemba juga ya? kalo gitu bilang dulu aja ke koasnya, soalnya kan rekam mediknya (data gigi pasien) biasanya dipegang koas, sedangkan kalo dikerjain ama spesialis rekam mediknya sama jg.
      sebenernya kalo urusan harga di spesialis saya kurang tau nih mba nia, mungkin bisa 2x lipat lebih.. untuk lama perawatan seharusnya bisa lebih cepat ya.. stidaknya 3 kali pertemuan kali hehe
      smoga membantu

      Hapus
  102. Assalammualaikum kak Rizuka.anakku gigi depannya rencananya mau aku tambal sinar.ada 4 gigi.boleh nggak janjian sama kak Rizuka?.anakku pulang dari pesantren minggu ini.jika kak Rizuka berkenan,kapan kami boleh datang ke FKG UI?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, huaaaaa baru bacaaaa~
      tapi aku emang lagi ga di stase anak sihh..
      dateng langsung aja mbak ntar ada yg nanganin kok

      Hapus
  103. kalau harga bersihin karang gigi masih segitu ga yang disebutin diatas? mksh

    BalasHapus
  104. selamat pagi mba rizuka, numpang nanya nih..rahang bawah saya terlalu maju bila dibandingkan rahang atas, itu kenapa ya?jadi susah kalo mau ngigit ngigit..heheeheh, itu bisa diperbaiki dengan kawat gigi ga ya?trus biayanya berapa ya?
    thanks mba rizuka....

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya itu krn faktor genetik, gangguan pertumbuhan, etc. pake kawat gigi pun tergantung kasusnya, kalo emang problemnya dari tulang *tulangnya yg kepanjangan* ga bisa pake kawat doang harus dibedah, tapi kalo ternyata yg maju itu gigi2 bawahnya aja maka masih bisa pake kawat :D

      Hapus
  105. selamat siang ka rizu,lsg aj y,khan gi" aq mengalami peradangan pda akar gi"na setelah drg puskesmas lyd hsil radiologi'a.trz ktana aq dsuruh k dktr rs gt,wat perawatan saluran akar,kbtulan gi" seri bw kanan aq dh d ambl d tndkn ma dktr puskes bolongin gt n d tambel smntara ampe 3 x.yg aq mw tny kl aq b'obt d rs fgk ui it untuk biaya perawatan saluran akar sampai tuntas kira" berapa y?soal'a aq t'trik untk b'obt d rs fkg ui.mhn d jwb y,cz dah bingung ma nich gi".thx ka rizuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap lama yaaa~ gimana giginya skarang?
      biayanya perkunjungan 30rb, kira2 3-4x dateng, trus nanti stelah perawatan sal akar akan ditambel lagi giginya, itu harus ngeliat gimana struktur gigi yg tersisa nah kalo masih bisa pake tambal sinar biayanya skitar 80rb

      Hapus
    2. iy kak gpp,aqw mention n follow k twitt kk jg wkt it g da respon mgkn lg sibuk ya ka???
      gigi aq msh sm kyk yg awal aq crita cuman sudah di tambel menggunakan laser tp terkadang msh sakit ka...malah ada kasus baru lagi di gigi graham saya setelah di tambal jadi sakit,pas di radiologi kata dktrna ga ada mslh,tp aq ngersain skit.biaya x-ray dcna kira" berepa ya ka??? atau kk sudah lulus dan membuka praktek cndri,jd bs lsg berobat sama kk??blh minta email atw ym kk??krim ya k email sy di
      Aidha_imoeth@yahoo.com
      mksh kk cantik,dtggu ya,,,

      Hapus
    3. udah kubalas di email yaa *telat banget deh sis

      Hapus
  106. ka rizu...kalo mau pindah control ortho bs ga? sebelumnya aq pasang kawat gigi di semarang, terus krna pindah djkt,jd agak repot kl hrs control tiap bulan ke semarang. Mohon infonya yah..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok~ tapi prosedurnya gimana aku jg kurang tau sih hehe
      bilang dulu aja ama doktermu yg di semarang

      Hapus
  107. Haii ka rizu...
    Aqu mauu bersihin karang gigi nee kira-kira brapa yaa..??
    n gigi kuu ada yang bolong tapii bolongnya bisa ditakan hampir abies yaa.. itu baiknya harus gimana ya ka..??
    karena blakangn ini aqu suka ngerasa sakit...
    Mohon info n pricenya ya ka...
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya 55-85rb

      kalo gigi ampir rata ama gusi sih harus dicabut
      tapi emang harus diliat langsung dulu gmana kondisinya
      cabut 75-80rb

      Hapus
  108. kak dokter rizu, aku dullah umurku 6 tahun, badanku kurus, kata bapaku akibat dari gigiku yang keropos dan banyak yang rusak, emang ada kaitannya tubuh kurus sama gigi yang keropos & banyak karies??? enn solusinya apa ya?? mks banyak kak dokter atas penjelasannya

    BalasHapus
  109. Untuk behel atau alat ortho cekat yang boleh mengerjakan itu spesialis di klinik paviliun khusus atau mahasiswa yang lagi ambil spesialis, skitar 4-5jt kalo ama mhsw sp,
    "Ini saya baca dari postingan yg sebelumnya" Yg ingin sy tanyakan kpd Mbak Rizu yg baik...harga 4-5jt itu untuk gigi atas atau bawah saja, ataukah untuk gigi atas+bawah.
    Terimakasih Dokter Rizu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah atas bawah kok sama mahasiswa sp

      Hapus
  110. hi dokter cantiik''
    klo sabtu buka sampe jam berapa ya?? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabtu di paviliun khusus ampe jam 3 siang

      Hapus
  111. mbak rizukaa...aq mau deh jadi pasien crowning kamu...
    crowning aq tuh warnanya lain punya, dpahal udh sampe ganti 3 kali..jadinya kalo foto, gg mau nyengir lagi karena warna giginya laen gila, dokterya juga yg kayak money oriented gitu....
    email aq yah...di pretty_008@yahoo.com biar kita bisa janjian gitu :)

    BalasHapus
  112. Hallo rizu .. :)
    aku mau tanya nih, operasi gigi geraham atas kanan klo sm Drg. Abdul Latif, SpBM biayanya brp yah ?? Trs klo aq udh punya foto panoramic dan cephalometric apakah ada kemungkinan untuk foto lagi ??

    Trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak usah foto lagi, biaya kalo tidak salah 1,5 jt :D

      Hapus
  113. MAU NANYA, KALAU MAU PASANG GIGI PALSU IMPANT BERAPA YA BIAYANYA? TKS A LOT...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau sih pak, gosip yg beredar sih implant memang mahal, siapin aja di atas 10jt hehehe

      Hapus
  114. Bu Rizu kalo pasang behel dalam/lingual berapa ya kira2 biaya totalnya di RSGM UI ?

    BalasHapus
  115. haloo bu rizu, utk hari sabtu dan minggu buka tidak rsgmn nya?

    BalasHapus
  116. assalamualaikum kak rizu :)
    kak kalo konsul pasang behel di FKG UI bayar berapa yaa kak ? terus aku ada masalah sama gigi geraham ku, letaknya di gigi akhir ke 2 dari ujung. naah gigi geraham itu bolong kanan kiri, bolongnya udah parah sampai ke akar..naaah itu ada kemungkinan untuk bisa di behel ga yaa kak ?

    boleh minta email atau ym kakak ga ? aku mau nanya-nanya sama kakak :)

    terimakasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah harga udah disinggung di atas2 tuh *kalo belom berubah yaa harganya xD

      hmm,, ntar gigi gerahamnya palingan dirontgen dulu kalo emang udah ga bisa dipertahankan berarti kan dicabut.
      untuk kebijaksanaan tindakan orthonya mungkin gigi paling ujungnya ntar ditarik untuk nutupin space kosong gigi yg dicabut.. :D
      emailku: hime_ryzch[at]yahoo[dot]com

      Hapus
  117. Mba Rizukaa.. Aku mau tanya dong yah.. Tolong dijawab ya.. :D

    Aku pengen periksa gigi di RSGM, mungkin sekalian pasang behel kalo emg drg.-nya menyarankan. Nah ini yang mau aku tanyain:
    1. Sekali periksa gigi (entah itu skeling, cabut atau nambal gigi) berapa lama yah rata-rata waktunya, Mba?
    2. Kira-kira dari waktu pertama kali dateng sampe pasang behel, berapa kali mesti bolak-balik?

    (Keluhan aku: premolar mandibula miring ke dalem, 3 molar keropos hanya tinggal sedikit bagian gigi, pengen ganti tambalan amalgam gigi molar aku, pasang behel jk disarankan).

    Aku nanya gini soalnya kan aku pengen izin di sela-sela jam kerja. Kalo cuma 2-3 jam sih kyknya dibolehin. Tempat kerjaku di Dept.Bedah RSCM, deket kan tuh sm RSGM.

    Makasih sebelumnya ya Mba, mohon pencerahannya.. >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. :))

      1. wah bener2 tergantung kasus yaa, skeling kalo karang giginya segunung bisa 2 jam jg tuh, cabut kalo kasusnya gampang paling 3menit, nahhh faktor X nya lagi kalo di rsgm itu *klinik s1nya yaa* adalah smua kgiatan harus diACC dosen *namanya juga masih mahasiswa* dosennya ga bisa diprediksi kadang2 entah dimana, bisa jadi kerjaan yg harusnya kelar cepet jadi lama gara2 nunggu diliat dosen T_T. kalo mau cepet saya saranin di klinik mahasiswa spesialis atau di paviliun khusus. tapi untuk pasang behel emang pasti di klinik spesialis sih hehee

      2. 2-3minggu kali ya ehehe

      smoga bisa yaaa mba, coba dateng aja dulu utk konsultasi

      Hapus
    2. Wah, makasih ya Mbak buat jawabannya..
      mau nanya lagi nih..

      Oh, jadi pas dateng nggak bisa langsung dikasih tindakan gitu yah? kalo dosennya dateng 2 jam lagi, berarti 2 jam lagi gitu aku baru dapet tindakan?

      terus..teruuss.. di RSGM itu bisa juga ditanganin sama PPDGSnya kan yah?

      Hapus
    3. tindakannya sih biasanya bisa langsung, cuma untuk ke tahap selanjutnya *misalnya si perawatan ini perlu beberapa step* itu yg suka terhambat. kalo emang ga bisa diliat saat itu atau pasiennya buru2 biasanya pertemuan selanjutnya baru dilihat *skalian kontrol*.

      iya di rsgm bisa ama ppdgs xD

      Hapus
  118. dear calon drg..

    aku ada mslah sama gigi graham bawah kiri kanan, awalnya berlubang tapi karna tidak di tambal akhirnya patah di sebagian sisinya. solusinya gmn ya?? apa masih bisa ditambal apa harus di cabut??
    kalo mahkota grahamnya patah dan tinggal akarnya, apa harus di bedah atau masih bisa dicabut seperti biasa??

    kalo pakai gigi palsu itu, masih bisa di behel ga yah??
    soalnya saya niat mau pasang. tapi itu dia, gigi graham bawah aku ada 3 yg berlubang & patah.

    mohon informasinya...
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm kalo cuma di tulisan kan ga kebayang yaa, solusinya sih dateng langsung ke drg terdekat *yang ada foto radio/ rontgennya* jadi bisa diliat siapa tau bolongnya udah sampe saraf jadi harus dirawat jg saluran akarnya sebelum ditambal. kalo udah patah di sisi2nya biasanya sih pake mahkota tiruan gitu~ sekali lagi harus diliat langsung kondisinya gimana
      kalo bener2 tinggal akar harus dicabut, kalo dokternya udah ahli sih bisa aja cabut biasa kalopun susah palingan dibur tulang2 sampingnya dikit biar giginya gampang keluar bukan bedah kompleks kyk mau cabut gigi bungsu

      hmmmm.. kalo ini aku kurang tau jg deh tapi kayaknya sih bisa kok

      Hapus
  119. dear hafiza,

    di bulan kesehatan gigi nasional ini, di Klinik FKG UI ada program apa aja nih, apakah jadi ada perawatan gigi (mis:skeling)gratisan gitu??

    thx:)

    BalasHapus
  120. @anonim: biasanya sih ada skeling, tambal sederhana dan cabut :D harus daftar dulu gitu *mungkin ada infonya di web pepso
    gratis kok

    BalasHapus
  121. kak, gigi saya pernah PSA, tapi sekarang kalo kena air dingin atau hangat agak sakit gitu. Perlu ditambal lagi? Terus yang bikin sakit apa ya? Kan sarafnya uda mati.
    Makasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah yang sakit/ngilu gigi yang di PSA itu? mungkin gigi sebelahnya yang sensitif. kalo emang penasaran coba aja diperiksa langsung :))

      Hapus
  122. dear hafiza,
    mengutip postingan mbak di atas, ada disebutkan 'behel lepas', nah itu maksud nya klu behel nya lepas boleh dibenarin / dikencangin di fkg ui? (meskipun pasien nya pasang behel nya tidak di fkg ui). jadi klu seandainya dokter gigi saya lagi ke luar negeri, dan kebetulan behel saya ada yg lepas, apa saya bs ke fkg ui?

    makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohhh bukaaan, itu maksudnya behel yang ga ditempel di tiap2 gigi, jadi model behelnya ini kayak kawat segaris gitu bisa dilepas2 ehehe.
      kalo emang behel lepas dan dokternya lagi keluar negeri, sok aja atuh minta bantuan hehe :)

      Hapus
  123. Salutttt Buat Bu dokter ...
    Sabar banget jawab pertanyaan walaupun sdh beberapa kali ditanyain diatasnya

    Semoga sukses

    BalasHapus
  124. slmt siang mba...sy putri.sy mw menawarkn bracket:
    @inspire ice crystal USA ormco hrga 27jt
    @Clarity Self Ligating transparan 3M hrga 3,2jt
    @bracket ceramic prima abadi USA hrga 1,8jt
    @Clear composite jepang 350rb
    @forestadent 350rb
    bila minat hubgn sy:putriarifin90@yahoo.com

    BalasHapus
  125. Dear ibu rizuka,,
    salam kenal,bu gigi depan saya retak sebagian,sudah lama juga saya belum berobat ,sampai sekarang.tetapi posisi gigi masih utuh,bersih dan kuat,hanya retak miring sebagian..kira-kira bisa diobati bu?mohon balasanya..

    dan kira2 berapa ya biayanya ,sebab saya orang umum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, retak berarti belom patah ya?
      harus dilihat langsung ya dan juga foto rontgen, apakah sempat ada keluhan? sakit/ngilu?

      Hapus
    2. iya belum patah bu,hanya retak,jadi gigi depan saya miring..kira2 bisa ditambal yang retaknya??
      semua normal bu,tidak ada rasa sakit yang dirasakan..

      Hapus
  126. dear drg...
    saya pake jaket drth 1993, skrang sering sakit posisi jaket di gigi depan ada 2, sekarang mau di copot, rencana mau ganti, kira2 biayanya brapa ya? 08128433866 rahma, bantu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu mau gantinya di ppdgs prosto? jujur aja kalo soal harga saya mah kurang tau menahu. :D

      Hapus
  127. Kemarin aku rencana mau cabut gigi bungsu aku yang nabrak gigi depannya. Nyampe di FKG UI jam 11.10 tp udh gk bisa...
    Mana aku tinggal di Tangerang pula.
    Akhirnya di suruh ke Paviliun Khusus.
    Kaget,biaya pencabutan 1 gigi 2,2jt loh. Mana cukup uangku?
    Kalau sama residen 800rb. Udah aku datang jauh2 dari Tangerang,gk jd cabut gigi pula. Abis Jakarta macet bgt sih,trus diomelin mama karna buang2 waktu.
    Daftar harganya di update sis,biar orang yang kesana siapin dana yg cukup. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. GOKIL 2,2 jeti???
      nyahaha maap, eke emang ga rencana promoin paviliun khusus kaaan.. sabar yak
      tapi info pendaftaranku udah bener kaan, tutup jam 11.. brarti emang harus dateng lebih pagi

      Hapus
  128. Setelah baca2 komentar dan sabarnya merespon semua pertanyaan, hari sabtu ini aku mau datang ahhh :)
    Kebetulan tadi periksa ke dokter gigi, tadi dikasih tahu bahwa 2 gigi depanku, no 21-22, harus dimatikan dulu akar2nya, trus dilakukan rontgen, trus kemungkinan no 21 pake Crown porcelein, dan 22 pake Dourl crown (atau salah baca ya? :)).
    Tapi setelah tanya biaya totalnya..waduhhhhh, ampunnn ahhhh..
    Nah, hr sabtu ini aku mau kesana, semoga bisa bertemu dokter..ketemu dipaviliun khusus ya? sampai jam brp disana? terima kasih dok.

    BalasHapus
  129. Haloo dok.
    Kalau misalnya mau masang sama dokter bawa bracket sendiri gimana?
    Aku kemaren beli bracket sama saudaraku. Katanya dokter2 biasa beli sama dia.
    Bracketnya ceramic.
    Aku udah tanya kemana2 ngga ada dokter yg mau masang. (Mungkin memang wajar karna dokter2 tersebut juga nggak tau kualitas bracket yg dibawa pasien sendiri)
    tapi bila seandainya bracketnya sama dengan yang biasa dipakai oleh dokter2 gimana?
    sayang banget nih masih utuh ga kepake 1,5jt kebuang sia2 T_T

    BalasHapus